Senin, 28 Januari 2013

Profile Labkom SMAIT


PROFILE LABORATORIUM KOMPUTER
SMAIT IHSANUL FIKRI MUNGKID MAGELANG


A. Pendahuluan

Dalam usaha meningkatkan kualitas proses pembelajaran kita tentunya tidak boleh melupakan satu hal bahwa pelajar harus sebanyak-banyaknya berinteraksi dengan fasilitas dan sumber belajar. Tanpa fasilitas dan sumber belajar yang mernadai maka sulit diharapkan akan terwujudnya proses pembelajaran yang mengarah pada tercapainya hasil belajar yang optimal.

Laboratorium Komputer merupakan salah satu fasilitas yang ada di SMAIT IHSANUL FIKRI MUNGKID yang mempunyai fungsi utama sebagai tempat  terselenggaranya proses pembelajaran dan praktikum  yang menggunakan perangkat-perangkat komputer.  Selain sebagai sarana pembelajaran bidang studi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK/Komputer), Laboratoium Komputer juga melayani siswa dan guru untuk menggunakan komputer sebagai sarana penunjang keberhasilan proses pembelajaran bidang studi lain.

Sehubungan dengan ditetapkannya SMAIT IHSANUL FIKRI MUNGKID sebagai Sekolah Unggulan maka fasilitas serta sarana dan prasarana harus sesuai standar. Untuk itu SMAIT IHSANUL FIKRI MUNGKID secara terus menerus melakukan pengembangan sarana dan prasarana, termasuk diantaranya Laboratorium Komputer.


B. Fasilitas di Laboratorium Komputer

Adapun fasilitas yang sudah tersedia di Laboratorium Komputer antara lain sebagai berikut :

  •   Ruang Laboratorium  berukuran ± 8 x 9 m2
  •   Perangkat Komputer sebanyak 20 unit untuk siswa
  •   Perangkat Komputer 1 unit untuk meja guru (server)
  •   Jaringan LAN dan Akses Internet
  •   LCD Proyektor
  •   Printer 1 unit
  •   Scaner 1 unit
  •   CD Pembelajaran, Buku Penunjang untuk guru dll
  •   Selain fasilitas di atas SMAIT IHSANUL FIKRI MUNGKIDmasih akan terus melakukan pengembangan sarana dan prasarana, diantaranya dengan melengkapi peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) tidak hanya di Laboratorium Komputer tetapi juga di Laboratorium lainnya serta di kelas-kelas. Tidak ketinggalan jtersedia Hot Spot Area untuk akses internet tanpa kabel (wireless/wifi)

C. Fungsi dan Pelayanan Laboratorium Komputer

Di atas telah disebutkan bahwa fungsi Laboratorium Komputer adalah sebagai tempat  terselenggaranya proses pembelajaran dan praktikum  bidang studi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK/Komputer) serta melayani siswa dan guru untuk menggunakan komputer sebagai sarana penunjang keberhasilan proses pembelajaran bidang studi lain. Secara lebih terinci fungsi Laboratorium Komputer dapat di uraikan sebagai berikut :

  •   Mensosialisasikan dan mengoptimalkan Teknologi Informasi dan Komunikasi di lingkungan sekolah.
  •   Mengoptimalkan proses pembelajaran TIK (Komputer) di SMAIT IHSANUL FIKRI MUNGKID.
  •      Pelayanan kepada Siswa; Siswa membutuhkan komputer dan akses internet untuk melancarkan proses belajar, juga untuk menyelesaikan berbagai tugas baik untuk bidang studi TIK (Komputer) maupun bidang studi lainnya.
  •        Pelayanan kepada Guru; Guru dapat melakukan berbagai pengembangan di bidang studinya masing-masing dengan menggunakan komputer dan internet sebagai salah satu media atau sumber pembelajaran dan pengembangan metode pembelajaran. Selain itu guru juga mempunyai kewajiban dan tugas yang harus dilaksanakan antara lain : pengolahan data nilai evaluasi, raport dan melengkapi administrasi sekolah


2 komentar:

  1. pak sebelumnya afwan bahan ujian praktek kelas XII kok ga ada ... ?? tolong di post di web ya pak secepatnya, sama untuk tugasnya itu tutorialnya di baca aja atau sekalian di salin ?? syukron
    XII IPA/IPS

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus